Apa itu SEO? Simak Penjelasan Lengkapnya Disini

 
 
 

Halo kawan Caba ada yang tau kah apa itu SEO? Pertanyaan tersebut sering muncul bagi pemula. Terutama bagi mereka yang memulai membangun blog. Alasannya adalah dengan melakukan optimasi berbasis SEO ini website atau blog akan mudah dalam mendapatkan ranking tinggi. Jika Anda sedang mencari informasi tentang SEO, Anda berada dalam artikel yang tepat. Dalam artikel ini akan membahas secara lengkap apa itu SEO, cara kerja, indikator utama website yang mau praktik SEO, jenis optimasi metode SEO, dan lain sebagainya.

Pengertian

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimazation dimana menjadi upaya untuk optimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas dihalaman pencarian. Dengan mendapatkan ranking tertinggi di mesin pencarian ini diharapkan potensi traffic menjadi lebih meningkat. Selain itu SEO akan membuat Anda mendapat traffic yang tepat. Tidak hanya traffic tinggi saja namun traffic yang tepat dan juga sesuai dengan tujuan utama website Anda.

Cara Kerja

Setelah Anda mengetahui apa itu SEO ada baiknya jika Anda tahu bagaimana cara kerjanya. Mesin pencari menggunakan algoritma tertentu untuk bisa menentukan konten mana yang berhak untuk mendapatkan ranking teratas hasil pencarian. Hal ini berlaku untuk semua mesin pencarian.

Karena Google paling banyak digunakan sebagai mesin pencari, maka akan dibahas tentang algoritma Google tersebut. Saat membicarakan soal SEO maka algoritma di Google ini yang akan menjadi patokannya. Yang harus anda ketahui adalah Google selalu memperbarui algoritmanya untuk bisa mendapatkan hasil pencarian yang relevan dan juga solutif untuk penggunaanya.

Penting bagi Anda untuk Update algoritma tentnag Google ini sebab menggunakan cara optimasi lama tidak akan mendapatkan hasil sesuai dengan yang anda harapkan. Parahnya Anda bisa mendapatkan penalti dari Google tersebut

Indikator Utama

Sama seperti dengan algoritma Google dimana indikator utama dalam SEO ini akan selalu berubah. Jika Goggle memperbarui algoritmanya indikator SEO ini akan berubah. Indikator - indikator yang mempengaruhi SEO antara lain :

  1. Struktur URL dimana akan memudahkan mesin pencari untuk mengenali website Anda.
  2. SSL atau TLS, dimana transfer data yang dilakukan akan di enkripsi sehingga lebih aman.
  3. Topik konten dimana Anda harus memiliki topik utama yang saling terhubung.
  4. Search intent : hasil pencarian terhadap suatu kata kunci tertentu yang bergantung pada maksud dari internet user mencari kata kunci tersebut, apakah untuk mencari produk yang ingin dibeli atau hanya untuk mencari definisi/informasi lengkap.
  5. Struktur konten : konten tersebut haruslah yang mudah dipahami.
  6. Meta tags, dimana membantu Google memahami keseluruhan konten di website Anda.
  7. Backlink.
  8. Kecepatan website (website speed). Kecepatan loading (loading speed) website ini memiliki peran vital dalam SEO Anda sehingga penting bagi Anda untuk memperhatikannya.

Jenis Optimasi

Dari dulu ada dua jenis optimasi SEO yang terkenal yaitu On page dan Off Page dimana keduanya sama-sama penting karena saling berkaitan.On Pagekonten, heading, kecepatan website, internal linking, tema yang responsif.

  •  On Page

    Merupakan optimasi yang dilakukan didalam website berupa permalink, judul konten, strukur konten, heading, kecepatan website, internal linking, tema yang responsif.

  • Off Page

    Merupakan langkah optimasi dilakukan diluar website. Optimasi konten dan website saja tidak cukup namun Anda masih harus memperhatikan backlink dan inbound link. Semakin banyak situs yang menilai situs Anda kredibel maka akan membuat peringkat Anda menjadi naik peringkat.

 Metode

Ada dua metode SEO yaitu Black Hat dan White Hat SEO. Black Hat merupakan cara kasar yaitu memaksa search engine untuk meningkatkan peringkat website Anda dengan mengelabui mesin pencarian dengan memasang kata kunci berlebihan, kemudia mengumpulkan link aktif di dalam satu halaman, atau menggunakan teknik lainnya yang kurang aman. Sedangkan White Hat teknik cara baik yaitu membuat halaman untuk pengguna, serta sesuai dengan algoritma Google.

Manfaat

Dengan mempraktekkan SEO Anda akan mendapatkan manfaat berupa membuat situs Anda tampil di halaman utama pencarian, traffic meningkat dan tertarget, mendapatkan CTR, lebih kompetitif, meningkatkan penjualan dan masih banyak lagi lainnya.


Semoga beberapa penjelasan di atas dari Cara Baru bisa menjawab pertanyaan Anda tentang apa itu SEO dan bermanfaat untuk Anda. Terima kasih dan bisa kembali lagi lain waktu ke Cara Baru.


 


Post a Comment